SOKOGURU, JAKARTA- Masyarakat menikmati libur panjang lagi di Hari Raya Waisak 12 Mei 2025 dan adanya cuti bersama pada Selasa, 13 Mei.
Menyambut libur panjang tersebut, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pun mempersiapkan pelayanan optimal dalam mendukung kelancaran mobilitas masyarakat lewat layanan Penyeberangan nasional yang tertib, aman, dan nyaman.
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengungkapkan, persiapan menyeluruh telah dilakukan sejak jauh hari guna mengantisipasi lonjakan arus penumpang dan kendaraan.
Baca juga: ASDP Sukses Kawal Penyeberangan di Jalur Utama Selama Long Weekend Paskah 2025
“Kami melakukan penguatan fasilitas terminal, peningkatan kapasitas ruang tunggu, serta peninjauan ulang prosedur keselamatan agar setiap aspek operasional memprioritaskan kenyamanan dan keamanan pengguna jasa,” ujarnya dalam keterangan resmi Kementerian BUMN, Rabu, 7 Mei.
Guna memastikan kelancaran operasional selama long weekend, ASDP memperkuat koordinasi lintas instansi dengan Kepolisian, Dinas Perhubungan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), serta Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).
Khusus untuk lintasan padat Merak–Bakauheni, disiapkan hingga 47 kapal dengan kapasitas angkut harian mencapai 25.000 kendaraan.
Baca juga: ASDP Imbau Pemudik Pesan Tiket Ferry Jauh Hari Lewat Ferizy dan Datang Lebih Awal ke Pelabuhan
Sedangkan untuk lintasan Ketapang–Gilimanuk, 28 unit kapal akan beroperasi 24 jam dengan daya angkut harian sekitar 13.000–15.000 kendaraan kecil.
ASDP juga memastikan kesiapan seluruh infrastruktur pendukung seperti dermaga, ruang tunggu, dan peralatan operasional lainnya agar tetap prima dan memenuhi standar keselamatan.
Di sisi lain, tenaga layanan pun disiagakan secara penuh demi memastikan kelancaran proses keberangkatan dan arus balik selama periode libur panjang ini.
Baca juga: Volume Penyebrangan dari Jawa ke Sumatra Naik, ASDP Ingatkan Pemudik Siapkan Perjalanan Arus Balik
Untuk mendukung kelancaran arus, ASDP terus mengimbau masyarakat agar melakukan pembelian tiket secara daring melalui plattform Ferizy
Tiket hanya bisa dibeli maksimal H-1 sebelum keberangkatan lewat aplikasi Ferizy, situs resmi www.ferizy.com atau trip.ferizy.com, serta gerai mitra seperti Alfamart dan Indomaret.
ASDP menegaskan bahwa pembelian tiket di area pelabuhan kini sudah ditiadakan. Shelvy menegaskan pentingnya kepatuhan terhadap jadwal dan ketentuan tiket.
“Kami ingin perjalanan liburan dimulai dengan rasa tenang dan nyaman. Hindari calo, pastikan data lengkap, dan patuhi jadwal keberangkatan,” tegasnya.
Para pengguna jasa wajib memiliki tiket sebelum tiba di pelabuhan dan hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal dalam e-ticket.
Proses check-in dan boarding hanya bisa berjalan lancar jika semua data—mulai dari identitas penumpang, data kendaraan, hingga penumpang di dalam kendaraan—terisi dengan benar dan lengkap saat pembelian tiket.
Seluruh data ini akan diverifikasi saat check-in, dan hanya penumpang yang terdaftar yang diperbolehkan menyeberang.
Sebagai bagian dari komitmen digitalisasi, ASDP juga memperluas penerapan sistem tiket online ke Pelabuhan Bungus, Padang mulai 5 Mei 2025, serta Pelabuhan Tuapejat di Kepulauan Mentawai sejak 6 Mei 2025.
Langkah itu bertujuan menertibkan proses penyeberangan, mengeliminasi praktik percaloan, dan memberi kemudahan masyarakat dalam merencanakan perjalanan secara lebih praktis.
Dengan kesiapan menyeluruh dari sisi infrastruktur, sistem digital, dan personel, ASDP berkomitmen menghadirkan layanan penyeberangan yang modern dan berorientasi pada kenyamanan pelanggan selama libur panjang Waisak.
Upaya ini sekaligus menjadi bagian dari misi ASDP dalam memperkuat konektivitas antarwilayah melalui transportasi laut yang semakin andal dan terpercaya. (SG-1)